Negara Kreatif

Perkembangan Negara di seluruh dunia parti berbeda-beda. Indonesia, misalnya, sangat jauh sekali tingkat perkembangannya dengan Amerika atau China atau Jepang. Kenapa perkembangan tiap Negara berbeda-beda? Karena tingkta kreatifitas dari penduduknya juga berbeda-beda. Pemikiran warga negara yang berkembang dan maju pasti jauh lebih kreatif dan inovatif dari Negara-negara biasa.

Jika ditanya “Negara apa yang menurut kamu paling kreatif di dunia?”, saya tidak tahu jawaban pastinya, karena jawaban dari pertanyaan ini adalah sebuah opini bukan fakta. Namun, di mata saya, Negara yang paling kreatif atau yang penduduknya paling kreatif adalah Jepang.

Mengapa Jepang? Alasan paling sederhananya adalah karena banyak sekali hal yang kita nikmati sekarang di Indonesia berasal dari penemuan orang-orang Jepang. Dari mulai kendaraan yang kita kendarai tiap hari sampai acara di televise, misalnya kartun dan game show.

Sebagian besar merk kendaraan yang ada di Indonesia adalah merk Jepang. Dari mulai Toyota, Honda, Yamaha, Suzuki, Daihatsu, Lexus, semuanya adalah merk dari Jepang, dan ini baru hanya merk, belum lagi tipe-tipe mobil yang diproduksi setiap merk itu. Sangat banyak. Merk-merk ini pun baru hanya yang masuk ke Indonesia. Di Jepang sendiri, sudah jauh lebih banyak dang lebih canggih kendaraan-kendaraan yang diproduksi dan digunakan. Kendaraan umumnya pun, seperti kereta Shinkansen, sudah jauh lebih maju dari Negara manapun

Selain itu ada lagi yaitu kartun. Kartun-kartun yang kita tonton tiap hari Minggu pagi merupakan kartun buatan Jepang, begitu juga komik-komik. Susah sekali jika kita ingin menghitung jumlah kartun dan komik yang diproduksi oleh orang-orang Jepang karena memang jumlahnya hamper tak terhingga. Kartun-kartun ini pun memiliki cerita yang luar biasa, seperti Captain Tsubasa, menayangkan satu pertandingan Tsubasa saja bisa mengharuskan kita menonton 5 episode karena ceritanya yang dibuat sangat panjang oleh pembuatnya. Doraemon, Pokemon, Digimon, juga merupakan kartun yang ceritanya belum pernah dipikirkan sebelumnya oleh orang lain dan setelah jadi, kartun-kartun tersebut menjadi sangat sukses dan menjadi bahan inspirasi orang lain. Kartun-kartun diataspun yang awalnya hanya acara TV berkembang sehingga dibuatlah mainannya, game consolnya, dan lain-lain. Game publisher yang dimainkan diseluruh dunia juga banyak sekali yang berasal dari jepang, contohnya Capcom, Koei, Nintendo, Sega, Enix, Konami, dan masih banyak lagi.

Jadi bisa dilihat dari tulisan saya di atsa bahwa sangat banyak hasil dari kreatifitas dan inovasi yang dihasilkan dari Negara Jepang. Karena itulah Jepang menjadi Negara yang menurut saya sejauh ini paling kreatif.

Sekian, terimakasih. Cheers

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.Tema: Esquire oleh Matthew Buchanan.

%d blogger menyukai ini: