Arti Nama

Nama adalah sebutan atau label yang diberikan kepada benda, manusia, tempat, produk, yang biasanya digunakan untuk membedakan satu sama lain. Nama dapat dipakai untuk mengenali sekelompok atau hanya sebuah benda dalam konteks yang unik maupun yang diberikan.
Tentu saja nama merupakan hal yang sangat penting untuk dimiliki apalagi oleh seseorang. Saya sendiri tidak bias membayangkan apabila ada salah satu dari orang yang saya kenal tidak memiliki nama, bahkan orang yang tidak punya nama tidak mungkin bisa berkenalan dengan orang lain.
Contoh kasus yang tidak mungkin:
(Situasi: Ada seorang cowo ingin berkenalan dengan cewe cantik)
A : Eh boleh pinjem kunci inggris ngga?
B : Wah ngga ada tuh mas
A : Hemm. Kalau nama pasti ada dong? Hehe
B : Ehm, ngga ada juga tuh. (serius)
A : ??
Jadi semua orang di dunia ini pasti mempunyai nama.

Semua manusia pasti memiliki nama. Nama diberikan kepada tiap manusia sejak pertama kali dia lahir ke dunia. Struktur nama di tiap Negara biasanya berbeda-beda. Di Amerika misalnya, biasanya nama depan seseorang yang biasanya dijadikan nama panggilan diberikan oleh orang tuanya sesuka mereka dan nama belakangnya mengikuti nama belakang orang tuanya.
Contoh: Mike Hranica. Mike adalah nama depanannya yang dijadika nama panggilan dan Hranaica adalah nama belakang dari ayahnya atau biasa disebut nama keluarga.

Namun di Indonesia hal ini biasanya tidak berlaku tapi tetap saja ada orang tua yang member nama anaknya dengan format seperti di Amerika seperti contoh diatas. Seperti nama saya, Andika Putra Panengah, Andika adalah nama depan yang orang tua saya berikan untuk menjadi nama panggilan saya, Putra merupakan nama tengah dan Panengah merupakan nama belakang yang bukan merupakan nama belakang ayah saya.

Arti dari nama saya sendiri adalah sebagai berikut:

ANDIKA : anak laki-laki yang memiliki kehormatan tertinggi sejajar dengan raja. Kenapa orang tua saya member nama saya Andika? Karena sepertinya mereka tidak tahu arti yang saya tuliskan diatas. Atau mungkin mereka mengharapkan saya saat sudah dewasa nanti untuk menjadi orang yang benar-benar sukses sehingga bias menjadi raja di Indonesia padahal sistem pemerintahan di Indonesia dipimpin oleh seorang presiden. Tapi sepertinya orang tua saya tidak sebodoh itu. Yang paling mungkin menurut saya adalah karena mereka berfikir bahwa, “Nama Andika itu bagus”. Sesederhana itu.
Walaupun Andika adalah nama depan saya, teman-teman saya sering memanggil saya bukan dengan nama ini. Saya sering dipanggil dengan belakang saya yaitu Panengah, atau malah Nengah bagi teman-teman saya yang terlalu malas untuk menyebut kata Pa sebelum Nengah. Alasan mengapa banyak yang memanggil saya bukan dengan nama Andika salah satunya adalah karena nama Andika adalah nama yang sangat umum sehingga dari dulu saya sekolah sampai kuliah sekarang selalu ada teman sepermainan saya yang namanya Andika juga.

PUTRA : Jelas sekali bahwa arti nama ini adalah anak laki-laki. Kalau Putri ya untuk anak perempuan. Nama tengah ini orang tua saya berikan untuk menjadi pelengkap di nama saya karena semua saudara kandung saya memiliki struktur nama seperti ini, nama depan, tengah, dan belakang.

PANENGAH : Arti dari Panengah anak di tengah. Maksudnya, saudara-saudara sekalian, saya adalah anak yang memiliki jumlah kakak dan adik yang sama. Bisa berarti saya anak ke-3 dari 5 bersaudara, atau 4 dari 7 bersaudara, atau 5 dari 9 bersaudara, atau 6 dari 11 bersaudara, atau bahkan 15 dari 29 bersaudara. Tapi tidak, saya adalah anak kedua dari 3 bersaudara.
Sekian, terimakasih. Cheers.

Tinggalkan Balasan

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.Tema: Esquire oleh Matthew Buchanan.

